Minggu, 23 Februari 2020

Cara Membaca File PDF Pada Smartphone Android

File PDF atau Portable Document Format merupakan tipe file yang sangat populer untuk digunakan dalam berbagi dokumen. PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas (file) yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008. (wikipedia)

Dengan demikian maka penggunaan pdf untuk berbagi dokumen digital menjadi sangat luas dan tentunya mendukung untuk mengedepankan paperless dalam berbagi dokumen. Dokumen digital berbasis pdf ini dapat didistribusikan dengan mudah dan dapat dibaca di berbagai platform populer. Pada artikel kali ini kita membahas aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membaca file pdf pada smartphone android, mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Adobe Acrobat Reader


PDF merupakan format file yang dikembangkan oleh Adobe System, tentu pilihan pertama berada pada aplikasi pembaca PDF yang dikembangkan oleh Adobe System itu sendiri yaitu Adobe Acrobat Reader. Adobe Acrobat Reader adalah sistem manajemen dokumen berstandar global gratis yang paling dapat diandalkan. Telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 600jt perangkat membuat aplikasi ini menjadi sangat populer dan menjadi salah satu yang terbaik untuk membaca dan bekerja dengan dokumen PDF.
Aplikasi dapat diakses pada : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.adobe.reader&hl=in

2. Google PDF Viewer

Google PDf Viewer merupakan alternatif pembaca PDF yang sangat populer juga digunakan oleh banyak pengguna. Google sebagai pengembang Android tentu akan mempermudah penggunanya dengan membuat pdf viewer yang ringan dan stabil. Aplikasi ini telah diunduh dan digunakan lebih dari 50jt pengguna membuatnya menjadi aplikasi pembaca pdf yang populer. Bagi pengguna yang ingin kemudahan dan simple dalam membaca file pdf di smartphonenya dapat menggunakan Google PDF viewer sebagai aplikasi pilihan.
Aplikasi dapat diakses pada : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.pdfviewer&hl=in

3. WPS Office + PDF

WPS Office + PDF merupakan aplikasi yang sangat populer selain dari Adobe Acrobat Reader, diunduh lebih dari 700jt pengguna merupkan suatu capaian yang sangat menakjubkan. Dengan size yang bisa dibilang kecil yaitu sekitar 37MB namun fitur yang dibawa oleh WPS Office sangatlah lengkap. Berbagai aplikasi office gratis all in one atau dalam satu paket aplikasi dapat membantu Anda membuat, melihat dan mengedit dokumen office secara cepat & mudah kapan saja dan di mana saja melalui smartphone dan tablet android anda.
Aplikasi dapat diakses pada : https://play.google.com/store/apps/details?id=cn.wps.moffice_eng&hl=in

4. Foxit PDF Reader Mobile

Foxit PDF Reader Mobile menjadi alternatif lain dalam membaca file pdf di smartphone anda. Aplikasi yang tersedia gratis ini memiliki fitur-fitur yang dapat bersaing dengan aplikasi pembaca pdf lainnya. Foxit reader telah banyak dikenal dan digunakan pada komputer desktop, performa yang stabil dan ringan membuatnya cukup populer di kalangan penggunanya. Aplikasi mobile yang telah diunduh lebih dari 5jt pengguna ini juga memberi Anda berbagi kemampuan yang dapat kita lihat berikut ini :

  • Andal: 100% sesuai dengan ekosistem PDF Anda saat ini.
  • Ringan: tidak menghabiskan sumber daya perangkat Anda.
  • Cepat: tidak perlu menunggu lama untuk membuka PDF.
  • Aman: fitur perlindungan file yang kuat untuk melindungi informasi sensitif terhadap akses yang tidak sah.
  • Kolaboratif: kontrol penuh atas konten Anda.
  • Multi-Bahasa: 12 bahasa untuk memenuhi permintaan pelanggan di seluruh dunia.

Aplikasi dapat diakses pada : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.foxit.mobile.pdf.lite&hl=in

5. Xodo PDF Reader & Editor

Aplikasi pembaca pdf yang terakhir adalah Xodo PDF Reader & Editor, aplikasi ini merupakan alternatif lain yang dapat digunakan dalam membaca file pdf. Dengan tersedia secara gratis dan diunduh lebih dari 10jt pengguna, membuat aplikasi ini menjadi salah satu yang populer dengan respon dan rating pengguna yang sangat baik. Sebagai PDF Reader Xodo memberikan kemampuan yang baik untuk penggunanya, kemampuan dan kelebihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dapat melakukan bookmark halaman PDF untuk referensi di masa mendatang
  • Night Mode untuk kenyamanan membaca PDF di lingkungan gelap
  • Tab memungkinkan Anda dengan cepat bekerja di beberapa dokumen PDF
  • Menampilkan tabel isi PDF yang memungkinkan Anda untuk melompati bab dan bagian
  • Modus layar penuh pada KitKat dan lebih tinggi
  • Penggunaan yang mudah terhadap scrolling vertikal terus menerus saat melihat di halaman, dua halaman, dan mencakup mode halaman
  • Pencarian teks penuh dengan dilayari, daftar rinci hasil pencarian, rotasi halaman, tingginya tingkat zoom, dan lebih banyak lagi fitur lainnya

Aplikasi pembaca pdf tentu sudah menjadi kebutuhan utama dalam setiap perangkat smartphone di masa sekarang. Dengan adanya lima aplikasi pembaca pdf yang kita ulas diatas dapat menjadi referensi pengguna untuk menggunakan aplikasi pembaca pdf yang diinginkannya. Namun aplikasi pembaca pdf tidak hanya lima yang sudah diulas diatas, banyak sekali aplikasi-aplikasi lain yang dapat kita temukan di google playstore. Oleh karena itu semuanya kembali lagi ke pengguna yang memutuskan untuk menggunakan aplikasi yang mana yang diinginkan sebagai PDF reader di smartphone mereka.

Load comments