Sabtu, 22 Februari 2020

Cara memperbaiki Elan Touchpad yang “not working” di Windows 10

Touchpad pada laptop/notebook merupakan komponen utama yang sangat dibutuhkan dalam mengoperasikan laptop/notebook tersebut untuk keperluan sehari-hari. Apabila komponen ini tidak bekerja sebagaimana mestinya tentu akan sangat merepotkan penggunanya karena harus menggunakan perngkat eksternal lain seperti mouse usb maupun wireless. Apabila anda menggunakan windows 10 dan tiba-tiba mengalami touchpad dari Elan tidak bekerja atau not working maka anda dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini untuk memperbaikinya.

1. Cek kembali status touchpad anda apakah dalam kondisi enable atau disable
Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah memastikan bahwa touchpad yang kita gunakan dalam keadaan enable yang artinya telah aktif dan siap digunakan. Langkah-langkah dalam mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

  • Pada keyboard anda tekan tombol logo Windows + I secara bersamaan, ini untuk memunculkan windows setting, kemudian pilih menu devices

  • Kemudian pilihlah menu touchpad dan apabila telah terbuka pilih kembali menu additional setting yang ada di sebelah kanan

  • Kemudian pilih tab elan dan pastikan status dari touchpad tersebut dalam keadaan enable, jika tidak maka tekan tombol enable yang berada di sebelah kiri tombol stop device

  • Apabli touchpad telah enable, seharusnya pada step ini touchpad sudah berjalan dengan normal kembali.


2. Install ulang driver Elan anda
Driver bawaan yang disediakan oleh Microsoft Windows 10 dapat menjadi alasan mengapa touchpad Anda tidak bekerja dan berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Apabia cara satu diatas tidak dapat menyelesaikan masalah tersbut maka untuk mengatasi masalah ini, Anda harus menginstal ulang driver Elan Touchpad anda dengan software yang tepat.

Untuk melakukan hal tersebut diatas anda harus menghapus terlebih dahulu driver yang anda miliki sekarang dari Device Manager. Apabila data telah dihapus maka kemudian anda dapat mengunduh di situs resminya yaitu dari situs web dukungan pabrikan driver touchpad Elan yang tepat untuk Windows 10 dan apabila telah diperoleh silahkan coba untuk menginstalnya.

Dengan adanya kedua solusi diatas, diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat bagi penggunanya untuk mengatasi touchpad yang tidak berfungsi dengan benar agar kembali berfungsi normal.

Load comments