Kamis, 20 Februari 2020

Coding program? Gunakan beberapa software berikut ini

Dalam dunia pemrograman tentu tidak lepas dari yang namanya melakukan kegiatan programming yang menggunakan bahasa-bahasa pemrograman tertentu atau yang lebih dikenal dengan istilah coding. Coding adalah suatu kegiatan untuk mengimplimentasikan logika-logika pemrograman kedalam bentuk sourcecode dari bahasa pemrograman yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan kata lain setiap kondisi logika akan diterjemahkan ke dalam sintaks-sintaks pemrograman agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Untuk melakukan ini sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan software text editor standar, namun tentu akan banyak sekali keterbatasannya yang nantinya akan menyulitkan kita dalam menerapkan sintaks-sintaks pemrograman yang benar. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas beberapa software yang dapat digunakan untuk melakukan coding yang mungkin cocok untuk anda dalam melakukan pemrograman.

Sublime Text


Software untuk text editor pertama adalah sublime text. Sublime text merupakan software untuk melakukan coding yang sangat populer, dimana dilengkapi juga dengan tambahan-tambahan plugin yang dapat mempermudah programmer dalam melakukan coding secara cepat dan efisien. Tampilan antar muka yang dinamis serta mendukung banyak sistem operasi menjadi salah satu aspek yang membuat sublime text kian populer. Sublime text terdiri dari dua versi yaitu versi yang gratis dan versi yang berbayar. Pada dasarnya versi yang gratis sudah memuat banyak sekali fitur-fitur yang dibutuhkan oleh programmer dalam melakukan coding dan juga telah mendukung banyak sekali bahasa pemrograman. Namun jika ingin menggunakan fiturnya secara lengkap kita dapat membeli lisensinya agar Sublime Text tersebut menjadi full version.
Sublime Text dapat diunduh di situs aslinya yaitu : https://www.sublimetext.com/

Notepad++


Software text editor berikutnya adalah notepad++, software ini memliki antarmuka yang hampir sama dengan notepad namun dengan tambahan fitur-fitur untuk melakukan coding dengan berbagai macam sintaks-sintaks bahasa pemrograman yang di dukungnya. Penggunaan yang mudah serta ukuran yang ringan menjadikan banyak programmer memilih software ini sebagai penunjang mereka dalam melakukan coding. Namun tentu pada dasarnya karena software ini adalah software yang bersifat gratis dengan fitur-fitur yang tidak kalah lengkap dengan yang lain juga menjadikan notepad++ sebagai pilihan utama bagi programmer sebagai tools mereka dalam melakukan coding.
Notepad++ dapat diunduh dari situs aslinya yaitu: https://notepad-plus-plus.org/

Visual Code Studio


Visual Code Studio merupakan aplikasi text editor yang dapat digunakan untuk melakukan coding bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh micrososft. Software ini digemari oleh para programmer yang memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman VB.Net, C#, C, C++, Java, PHP, HTML dan yang lainnnya karena didukung dengan fitur-fitur yang memadai oleh Visual Code Studio. Visual Code Studio yang dikembangkan oleh microsoft ternyata memiliki kelebihan untuk dapat berjalan di platform sistem operasi lainnya serta tersedia secara gratis, hal ini tentu akan menjadi pertimbangan bagi para programmer untuk memilih Visual Code Studio Sebagai text editor mereka.
Visual Code Studio dapat diunduh dari situs aslinya yaitu: https://code.visualstudio.com/

Load comments